Minggu, 07 November 2010

Update GKI Humanitarian 5 November 2010

Update Tim Gerakan Kemanusiaan Indonesia

(Tim GKI) 5 November 2010

Mentawai

5/11/10

1) Tim GKI tiba di Dusun Maonae, Desa Bulasat, Pantai Barat, Pulau Pagai Selatan, bagian Mentawai paling selatan sementara laut tenang bersahabat. Berangkat dari Sikakap pk.0630 kembali pk.1930.

2) Tim GKI memantau 100% rumah dan bangunan lenyap. Korban tersisa 38 keluarga saja. Kebutuhan desa ini mencakup penerangan, Alkitab, tenda besar untuk tempat ibadah sementara, peralatan masak dan dapur, bahan penunjang hidup harian.

3) Perjumpaan dengan korban membuat Tim GKI menangkap berkerinduan besar untuk beribadah. Korban membutuhkan penghiburan rohani, karena kebanyakan sudah patah semangat.

4) GKI Surya Utama Jakarta akan merespon dengan mendonasikan 1.000 Alkitab serta buku-buku Sekolah Minggu, baik untuk Asm maupun GSM.

5) Entah berita gembira atau sedih, Tim GKI Mentawai mendapati beberapa anak dan orang dewasa mengenakan jilbab dan peci, padahal mereka ini Kristiani semua. Dalam ketiadaan pakaian dan ada sumbangan pakaian Muslim mungkin ini mesti disyukuri, tapi juga mesti dikoreksi dengan gereja lebih sigap menolong korban di daerah terisolasi. (Rasid Rachman)

Magelang

5/11/10

1) Tim GKI Magelang mempersiapkan diri merespon banjir pengungsi yang terus mengalir masuk ke Magelang. Bahkan para pasien dari RSU Muntilan dievakuasi juga ke Magelang. GKI Pajajaran sudah diminta Dinas Kesehatan untuk menjadi salah satu penampungan para pengungsi.

2) Ibu-ibu dan 30 relawan Tim GKI Magelang mulai pk 0800 mempersiapkan 200 nasi bungkus untuk hari ini. Rumah Sakit Tentara di Magelang juga minta jatah 80 bungkus bagi pengungsi.

Jogjakarta

5/11/10

1) Tim GKI Jogja hari ini masih melayani 4 posko: Relawan berkembang menjadi 100 orang per hari.

2) Di gedung gereja GKI Pos Adisucipto 300 pengungsi berada dilayani penuh oleh Tim GKI Jogja,

3) Di Stadion Maguwo (di mana terkonsentrasi 70 ribu pengungsi) Tim GKI Jogja resmi diberi tanggungjawab atas area barat. Tim baru mengatur sebagian lantai 2. Pelayanan meliputi: kesehatan, pelayanan anak, dapur umum, merawat ke rumah sakit beberapa pasien patah kaki dll,

4) Sebagai akibat pergeseran ring aman dari 10, 15 km menjadi 20 km, maka Klaten, Prambanan, Boyolali dibanjiri para pengungsi padahal aparat maupun masyarakat di daerah ini dalam keadaan tidak siap.

5) Tim GKI Jogja sudah membantu dana dan barang bantuan bagi posko GKI Pambanan, dan posko di Wedi –Klaten (tempat pengungsi pindahan dari Gemalang). (Paulus Lie).

6) Diterima kabar sekolah Marsudirini dan sekolah Van Lith di Muntilan krisis pangan. Banyak siswa kelaparan, walaupun sudah banyak yang mengungsi keluar Muntilan. Tim GKI Jogja segera merespon berita ini.


Jakarta

5/11/10

1) Tim GKI menerima sumbangan besar (2 truk ringan) obat-obatan dan peralatan medik minor dari PT. B-Brown Medical Indonesia via Yayasan 118. Sejumlah 14.329 dus menggunung di Kantor Tim GKI Jakarta.

2) Besok sebagian akan diberangkatkan ke Magelang, Jogja dan Klaten didukung oleh transportasi Tim GKI Kayu Putih Jakarta.

3) Sisanya dikonsolidasikan ke Wasior dan Mentawai.

Report by

Pdt. Kuntadi Sumadikarya - TGKI Sinode GKI

KS: Jumat, 05 Nopember 2010

Tidak ada komentar: